Best School in Bali
International School

Sekolah Internasional di Bali

Sekolah Internasional di Bali

Mencari sekolah internasional di Bali mungkin sebuah keharusan bagi kamu yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anak. Salah satu kekhawatiran terbesar bagi para orang tua yang tinggal di Bali adalah memberikan pendidikan dan sekolah untuk anak-anak mereka. Banyak yang beranggapan bahwa sekolah internasional adalah solusi yang baik bagi mereka yang ingin memberikan pendidikan anak yang jauh lebih baik. Hal ini terjadi karena kurikulum yang digunakan oleh sekolah internasional mengacu pada standar internasional yang mana berarti kurikulum tersebut diakui oleh dunia.

Sekolah Internasional di Bali

Bicara tentang ada berapa banyak sekolah internasional di Bali, tak perlu ragu karena memang banyak. Bali dikenal sebagai pulau yang banyak mendatangkan wisatawan asing karena lingkungan dan kebudayaannya. Hal itulah yang membuat Bali menjadi tempat yang pas untuk mendirikan sekolah internasional. Banyak pihak asing yang juga tinggal di Bali dan ingin mendapatkan pendidikan terbaik untuk anaknya. Makanya, di bawah ini akan dijabarkan beberapa sekolah internasional di Bali yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk memilih sekolah untuk sang buah hati.

  1. Trihita Alam Eco School

Trihita Alam Eco School merupakan playgroup taman bermain kanak-kanak swasta, mandiri, dan sekuler, dan berlokasi di Denpasar, Bali. Potensi setiap anak dikembangkan melalui kurikulum yang berfokus pada anak dan bermain di lingkungan yang aman dan penuh perhatian. Guru dan staf di Trihita Alam Eco School sangat bersemangat dan memiliki komitmen untuk dapat menginspirasi dan melengkapi para siswanya untuk masa depan yang lebih baik. Kelas-kelas yang dibuka di Trihita Alam Eco School adalah Playgroup (18 bulan – 2,5 tahun), Pra-TK (2,5 – 4 tahun), TK A (4-5 tahun), dan TK B (5-6 tahun). Gedung sekolahnya dikelilingi oleh sawah, ruang kelas yang terbuka juga indah dan juga disertai oleh hewan ternak seperti merpati putih, ayam, kelinci, dan kolam ikan untuk dapat meingkatkan pengalaman belajar anak.

  1. Sunrise School

Berlokasi di Kerobokan, Bali, sekolah internasional di Bali ini mengakui bahwa manusia adalah makhluk fisik, mental, dan spiritual, semua aspek tersebut membutuhkan pemeliharaan dan juga perhatian. Untuk dapat mewujudkan cita-cita perkembangan siswanya, Sunrise School menggunakan pendekatan terpadu khusus untuk pembelajaran dan dalam kurikulum mereka. Sunrise School menggabungkan kurikulum WES yang sudah diakui secara internasional dari London dengan pendidikan lingkungan yang baru dan inovatif serta program budaya atau seni khusus yang menawarkan kepada siswa peluang luar biasa untuk pertumbuhan pribadi. Sekolah ini berorientasi pada proyek dan menawarkan banyak peluang untuk pembelajaran langsung dan pengalaman. Untuk dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan mengajarkan keterampilan sosial yang sehat, Sunrise School menawarkan kelas-kelas kelompok usia campuran yang memungkinkan anak-anak yang lebih besar untuk menjadi panutan bagi teman-teman mereka yang lebih muda, meningkatkan kepercayaan diri untuk semua yang terlibat.

  1. Australian International School

Terletak di Kuta, Bali, sekolah internasional di Bali ini memahami pentingnya mengembangkan kepedulian, pencapaian, warga global melalui sistem pendidikan internasional yang berkualitas. Australian Internatioanl School (AIS) menggunakan kurikulum Australia yang terakreditasi penuh dengan staf sekolah yang berkualifikasi, memiliki fasilitas yang sangat baik dan semua warga negara boleh mendaftar di sekolah ini. Mata pelajaran yang ditawarkan oleh sekolah ini adalah bahasa Inggris, Matematika, Sains, Ilmu sosial, Pendidikan kesehatan dan fisik, bahasa asing selain Inggris, seni, dan teknologi. Keuntungan dari kurikulum Australia adalah berfokus pada siswa, mengajar di tingkat individu serta kebutuhan khusus, berbakat, dan para sisiwanya akan dapat mengembangkan kemandirian dan keterampilan komunikasi.

  1. Sekolah Dyatmika

Sekolah Dyatmika terletak di utara Sanur dengan gedung sekolah yang indah dengan fasilitas yang dibangun khusus menghadap ke Samudra Hindia. Sekolah Dyatmika merupakan sekolah internasional dan nasional berlisensi lengkap dan mapan. Kurikulumnya diajarkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan menggunakan kurikulum Cambridge dan kurikulum nasional dari playgroup hingga SMA. Lulusan dari sekolah ini biasanya akan melanjutkan ke perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia. Sekolah Dyatmika juga sekolah yang inovatif, berfokus pada akademis, menyenangkan, bersemangat tentang seni, olahraga, ekstrakurikuler, serta lingkungannya yg nyaman, dan di dalamnya terdapat komunitas Bali. Komunitas ini melakukan penelitian pendidikan saat ini khususnya di bidang pendidikan dwibahasa dan penggunaan teknologi yang relevan. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan telah berkembang dari 27 siswa menjadi 400 siswa.

  1. Sekolah Pelangi

Sekolah Pelangi (Yayasan Cahaya Pelangi) adalah pusat pendidikan alternatif swasta, nirlaba yang berlokasi di Desa Kumbuh, 10 menit berkendara dari pusat Ubud, Bali. Sekolah Pelangi dibuka pada bulan Juli 2006 sebagai proyek komunitas yang diprakarsai oleh orang tua, dengan fokus pada pendidikan seluruh anak. Sekolah Pelangi sudah membuka kelas untuk kelompok bermain, TK, dan sekolah dasar. Kurikulum Pelangi didasarkan pada Kurikulum Nasional Inggris yang dikombinasikan oleh KBK (Kurikulum Nasional Indonesia), dan sangat dipengaruhin oleh Waldorf yang semuanya diajarkan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia oleh guru penutur asli dan asisten mereka. Pelangi memberikan pengalaman belajar yang kreatif untuk semua anak, menangani perkembangan sosial, emosional, moral, intelektual, fisik, dan artistik mereka melalui Pendidikan Holistik: multikulturan, kreatif, dan berpusat pada siswa. Kelas kecil dan program yang fleksibel disediakan, dengan penekanan pada ekspresi artistik dan kesadaran sosial dan lingkungan. Sekolah Pelangi juga melayani populasi campuran anak-anak dari beragam latar belakang budaya dan ekonomi.

  1. Bali Island School

Bali Island School merupakan sekolah internasional tertua dan paling bergengsi di Bali Awalnya sekolah ini didirikan dengan mana Bali Internasional School (BIS) pada tahun 1986. Sekolah ini merupakan sekolah swasta, nirlaba, dan melayani siswa dari pra-sekolah hingga kelas 12. BIS sudah terakreditasi dari pra-sekolah hingga kelas 12 SMA oleh Asosiasi Sekolah dan Kolese Barat dan telah disahkan oleh Organisasi Baccalaureate Internasional untuk Program Diploma IB, kelas 11 hingga 12, dan Program Tengah Tahun IB untuk kelas 6-10. Pada akhir kelas 12, siswa yang telah mencapai persyaratan kelulusan akan menerima BIS Diploma. Bali Island School diririkan untuk tujuan mempersiapkan siswa untuk berkembang dan sukses sebagai warga negara yang peduli dalam dunia yang terus berubah dengan memberikan pendidikan yang berkualitas dan lingkungan yang aman serta mendukung masyarakat sekitar. BIS juga berkomitmen untuk memaksimalkan potensi siswanya secara individu untuk mempersiapkan mereka menjadi warga dunia yang bertanggung jawab yang berpikir kreatif, beralasan kritis, berkomunikasi secara efekti, dan belajar dengan antusias. Tenaga pengajar dan juga staf dari BIS ini memang berkualifikasi profesional dari Australia, Kanada, Indonesia, Prancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Salah satu manfaat bagi anak-anak ketika belajar di sekolah ini adalah memiliki pengalaman dalam belajar dari kelompok guru yang beragam serta belajar, bermain, dan bekerja dengan sesama siswa dari semua bagian komunitas global sekolah ini. Bali Island School mempersiapkan lulusannya untuk menjadi warga negara yang memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, pemikir yang kompleks, dan juga orang dewasa mandiri serta bertanggung jawab. Makanya banyak yang memilih BIS sebagai sekolah internasional di Bali pilihan.