• Bali Island School
  • Bali Island School
  • Bali Island School
International School

Sekolah dengan Kurikulum IB

Sekolah dengan Kurikulum IB

Sekolah dengan kurikulum IB untuk sekolah sang anak merupakan hal yang cukup penting, mengingat kurikulum Indonesia masih jauh berbeda dengan kurikulum luar negeri. Para Makanya penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan kurikulum IB (International Baccalaureate). Para orang tua biasanya harus cermat dalam memilih pendidikan yang terbaik untuk anak mereka. Jika para orang tua berniat untuk menyekolahkan buah hatinya di sekolah internasional, mereka juga harus memperhatikan nih kurikulum apa yang digunakan oleh sekolah tersebut. Biasanya sekolah internasional menggunakan salah satu dari dua kurikulum ini, yaitu Kurikulum IB (International Baccelaureate) dan Cambridge International.

Pengertian Kurikulum Intenational Baccalaureate (IB)

Awalnya Intenational Baccalaureate merupakan organisasi yang berdiri di Geneva-Swiss pada tahun 1962 dengan nama International School Association (ISA). Organisasi tersebut pun mengubah nama mereka menjadi International Baccalaureate pada tahun 1968. Organisasi ini sering mengadakan konferensi untuk membahas bagaimana sistem pendidikan yang lebih baik untuk para anak di seluruh dunia. Dengan seiring berjalannya waktu, kurikulum yang dikembangkan oleh organisasi ini banyak digunakan oleh berbagai negara, termasuk di Indonesia. Kurikulum International Baccalaureate (IB) memiliki tujuan yang cukup baik bagi para peserta didiknya. Kurikulum ini memiliki tujuan untuk mendorong para peserta didiknya untuk dapat berwawasan global, memiliki kreativitas, dapat mengembangkan kemampuan emosi dengan baik, memiliki jiwa intelektual dan jiwa sosial, dan dapat berkontribusi positif untuk lingkungan dan budaya di mana mereka berada.


Tujuan dari Kurikulum IB


Secara general, sekolah dengan kurikulum IB memiliki tujuan yang jelas sudah disebutkan di atas untuk memiliki wawasan global yang luas, memiliki kreativitas, dapat mengembangkan emosi, memiliki intelektualitas, dan memiliki kemampuan sosial. Kurikulum ini juga dapt berkontribusi untuk hal-hal positif bagi lingkungan, budaya, dan juga perdamaian dunia. Secara gamblangnya, tujuan kurikulum IB adalah mengajarkan peserta didiknya untuk:


1. Menelusuri lebih jauh apa yang dia pelajari


Mengajkan pertanyaan yang memicu teman-temannya dan bijaksana
Mengembangkan rasa bangga atas identitas dan budaya yang dimilikinyaMengembangkan kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai orang di dunia dengan berbeda latar belakang dan budaya.Tujuan-tujuan di ataslah yang membuat kurikulum IB dianggap menjanjikan untuk masa depan para anak. Tak mengherankan jika banyak orang tua yang berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke sekolah dengan kurikulum IB.

2. 4 Program Kurikulum IB


Kurikulum IB memiliki 4 program yang sangat penting dan menjadi panduan untuk memberikan pendidikan bagi para peserta didiknya. Berikut 4 program kurikulum IB yang dimaksud


Primary Years Programme (PYP)


Program kurikulum pertama ini diperuntukkan untuk para peserta didik yang berusia 3-12 tahun. PYP ini mengajarkan para siswanya untuk menjadi aktif dan peduli, menjadi pembelajar seumur hidupnya, memiliki sikap untuk dapat menghormati diri sendiri dan juga orang lain, serta memiliki kemampuan untuk dapat berpartisipasi dengan lingkungan sekitarnya. Pembelajaran yang terdapat kurikulum ini di antaranya adalah, languange (bahasa), social studies (pelajaran sosial), mathematic (matematika), arts (seni), science (pengetahuan alam), dan personal, social, and physical education.


Middle Years Programme (MYP)


Program kurikulum MYP dikhususkan untuk peserta didik yang berusia 11-16 tahun. MYP ini memiliki tujuan untuk melatih siswa untuk dapat menghubungkan apa yang sudah dipelajari oleh mereka lewat ketertarikan dan juga akademik, dan dihubungkan dengan apa yang sedang dibutuhkan dunia sebagai bentuk praktek nyata. Pembelajaran yang didapatkan dalam program ini adalah laguage acquisition, language and literature, mathematics, individuals and societies, arts, design, science dan physical and health education.


Diploma Programme (DP)


Diploma Programme ini diperuntukkan untuk peserta didik yang berusia 16-19 tahun dan untuk mempersiapkan peserta didiknya masuk ke perguruan tinggi dunia yang dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun. Ada 6 hal yang akan dipelajari dalam program ini, di antaranya adalah studies in language and literature, language acquisition, mathematics, individuals and societies, sciences, dan arts. Para peserta didiknya pun dapat memilih 3 mata pelajaran yang paling disukai untuk dapat ditekunin dalam jam pelajaran yang lebih banyak (bisa sampai 240 jam), dan 3 pelajaran lainnya akan diajarkan dalam waktu standar (150 jam). Tujuannya untuk dapat memperdalam bidang-bidang yang mereka sukai dan kuasai.


Career-related Programme (CP)


Sama seperti DP, Career-related Programme juga diperuntukkan bagi para peserta didik yang berusia 16-19 tahun. Program ini pertama kali muncul pada tahun 2012, merupakan program terbaru dibandingkan dengan 3 program yang telah disebutkan di atas. CP mencoba memberikan jawaban atas kebutuhan siswa yang sudah berkaitan dengan kariernya kelak. Syarat untuk dapat mengambil program ini adalah sudah menyelesaikan minimal 2 IB DP courses yang berkaitan dengan bidang karier.


Mencari sekolah dengan kurikulum IB di Indonesia mungkin agak sulit karena biasanya sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum internasional, memakai kurikulum Cambridge. Tapi bukan berarti tidak ada lho. Masih ada sekolah-sekolah swasta yang menggunakan kurikulum IB sebagai pembelajarannya. Di bawah ini merupakan daftar sekolah dengan Kurikulum IB di Indonesia.


Bali Island School (BIS) merupakan sekolah tertua dan paling berpengalaman di Bali. Awalnya sekolah ini didirikan pada tahun September 1985 dengan nama Bali International School. Kemudian, sekolah ini berganti nama menjadi Bali Island School karena mengikuti peraturan pemerintah Indonesia pada tahun 2014. BIS memiliki tujuan untuk membuat para peserta didiknya berpikiran global dan percaya diri untuk mencapai potensi terbaik mereka. Bali Islan School merupakan sekolah internasional yang menganut kurikulum IB yang benar-benar disahkan oleh International Baccalaureate Organization. Makanya tidak mengherankan jika sekolah ini disebut sebagai sekolah dengan kurikulum IB di Bali, Indonesia.