Best School in Bali
International School

Daftar Sekolah Internasional di Bali

Daftar Sekolah Internasional di Bali

Ada beberapa daftar sekolah internasional di Bali jika kamu ingin menyekolahkan buah hati di sekolah internasional. Menyekolahkan anak pada sekolah-sekolah internasional di bali akan memberikan pemikiran yang baik pada awal pendidikan mereka untuk keragaman dan standar belajar yang tinggi. Dari awal, siswa dari sekolah internasional akan belajar bagaimana cara beradaptasi dengan baik dan bagaimana mereka dapat bergaul dengan teman-teman sekolah, belajar bahasa asing tanpa harus kehilangan kemampuan mereka menggunakan bahasa ibu mereka.

Banyak sekolah internasional yang memiliki reputasi baik sehingga dapat memberikan kualitas terbaik dalam pendidikan. Para siswa yang bersekolah di sekolah internasional pun sering dianggap mampu menemukan peluang karier yang lebih baik lagi. Tentunya hal ini juga menjadi pertimbangan para orang tua untuk mencari tahu daftar sekolah internasional di Bali.

Manfaat tentang Sekolah Internasional

Ada beberapa fakta yang harus kamu cari tahu mengenai apa itu sekolah internasional dan apa yang membedakan dengan sekolah lain selain menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Ada beberapa pengalaman yang mungkin tidak akan dirasakan sekolah pada umumnya. Dan berikut manfaat tentang sekolah internasional.

  1. Belajar lebih Interaktif

Di sekolah internasional, kamu akan memiliki ruang yang sangat luas untuk berbicara dan dapat mengutarakan isi pikiranmu. Guru-guru tidak akan mengajar seperti ceramah tapi juga melakukan interaksi dua arah dengan para murid. Banyak yang mengatakan bahwa guru-guru di sekolah-sekolah umum di Indonesia terlalu banyak basa-basi dan terlalu banyak bicara soal teori sehingga menuntut muridnya untuk tunduk dengan mereka. Hal inilah yang membuat para murid Indonesia takut untuk berinteraksi ataupun mengungkapkan pemikiran mereka.

  1. Tidak ada penjurusan IPA-IPS

Penjurusan IPA-IPS-Bahasa merupakan pemilihan jurusan dalam kurikulum sekolah nasional. Sekolah internasional biasanya menggunakan kurikulum internasional seperti International Baccalaureate (IB) dan Cambridge. Pelajaran yang didapat dari jurusan-jurusan dalam kurikulum Cambridge pun tidak menutup kemungkinan para muridnya belajar pelajaran lain.

  1. Sangat fasih menggunakan bahasa Inggris

Bersekolah di sekolah internasional juga membuat kamu akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Walaupun di luar jam belajar, bahasa Inggris tetap digunakan karena para muridnya sudah sangat fasih menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, biasanya sekolah internasional akan mewaijibkan muridnya untuk mengambil bahasa asing lain selain bahasa Inggris sehingga nanti di dunia kerja sudah terbiasa.

  1. Belajar kurikulum internasional tapi tetap ikut UN

Sekolah internasional di Indonesia tetap wajib mengikuti peraturan yang berlaku di dunia pendidikan Indonesia. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 31/2014, sekolah yang disebut sebagai Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) wajib mengikutkan UN bagi para peserta didiknya yang berkewarganegaraan Indonesia. Selain harus fokus ke ujian Cambridge atau IB, para siswa juga harus fokus ke UN.

  1. Beban ujian lebih berat dan setelah lulus terbiasa membuat esai

Banyak lulusan sekolah internasional mengakui bahwa materi yang diajarkan di sekolah internasional lebih berat. Hal itu terjadi karena setiap ujian dalam mata pelajaran itu ada dua bentuk, satu berbentuk teori dan satu lagi berbentuk studi kasus. Para siswa pun wajib membuat esai yang bernama extended essay dan theory of knowledge. Extended Essay harus dibuat sepanjang 4000 kata sedangkan essay theory of knowledge dibuat sepanjang 1600 kata dan harus dipresentasikan. Karena banyaknya tugas esai yang diberikan inilah, para siswa akan terbiasa dalam membuat esai. Dan hal ini sangat membantu ketika memasuki dunia perkuliahan yang sangat banyak tugas dan makalah. Dan inilah sebuah pertimbangan jika ingin mencari daftar sekolah internasional di Bali.

Daftar Sekolah Internasional di Bali

Setelah melakukan riset dan mengetahui fakta dan juga manfaat jika menyekolahkan anak di sekolah internasional, tentu kamu pun bertanya-tanya mana daftar sekolah internasional di Bali yang bisa dijadikan pilihan yang tepat. Di bawah ini ada beberapa daftar sekolah internasional di Bali yang bisa kamu pilih apalagi kalau kamu berencana menetap di Pulau Dewata tersebut.

Australian Independent School

Australian Independent School merupakan sekolah internasional di Bali yang berdiri sejak tahun 1996 sebagai upaya gabungan perwakilan diplomatik dan komersial antara guru dan orang tua. Sekolah ini didirikan karena meningkatnya permintaan mengenai pendidikan yang lebih komprehensif di sekolah-sekolah internasional di Indonesia. Sekolah ini juga menjadi sekolah internasional pertama yang menawarkan pendidikan untuk anak-anak dengan berkebutuhan khusus. Australian Independent School Bali memberikan kurikulum Australia yang sudah terintegrasi dari taman kanak-kanak hingga kelas 12 SMA dan sekolah ini pun menyediakan pendidikan internasional untuk semua kebangsaan. Sekolah ini sudah diakreditasi oleh CIS pada Oktober 2015, yang menggambarkan bahwa sekolah ini memiliki standar kualitas yang baik untuk pendidikan sekolahnya. Australian Independent School juga menawarkan Program Diploma IB 3 tahun untuk siswa yang memenuhi syarat. Tujuan sekolah ini adalah untuk membimbing setiap anak untuk menemukan potensi terpendam dalam dirinya.

Asian International School

Asian International School merupakan cabang terbaru dari Lembaga Taman Mahatma di Indonesia. Yayasan Internasional Ahimsa mendirikan sekolah ini pada tahun 2007 dan mempromosikan prinsip-prinsip ‘ahimsa’ Gandhi yang berarti tanpa kekerasan, kebenaran, perdamaian, kemakmuran, dan kemanusiaan. Sekolah ini menggunakan Kurikulum internasional Cambridge untuk semua tingkatan, dari sekolah dasar hingga SMA. Hal ini berarti para siswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional, karena mereka diwajibkan untuk mengikuti ujian internasional.

Gandhi Memorial Intercontinental School Bali

Gandhi Memorial Intercontinental School Bali memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan terbaik untuk para siswa yang cerdas, penuh kasih, dan berpikiran luas yang ingin berkontribusi untuk masa depan yang lebih cerah. Kampus ini juga mengajarkan tentang keberagaman, mengajarkan anak sejak dini untuk menghormati budaya, kepercayaan, dan agama orang lain. Meskipun bahasa pengantar sekolah ini adalah bahasa Inggris, GMIS juga mengajarkan bahasa Mandarin, bahasa Indonesia, bahasa India, dan bahasa Prancis bagi para muridnya. Guru-guru di GMIS berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan dan bakat setiap anak, meningkatkan harga diri mereka, belajar disiplin, dan mengembangkan keterampilan sosial yang sangat baik.

Sekolah Dyatmika

Sekolah Dyatmika merupakan sekolah bilingual terbaik di Bali yang sudah berdiri sejak 1996. Sekolah ini menyediakan metode pengajaran yang inovatif untuk memelihara pikiran muda. Sekolah Dyatmika diakreditasi oleh Dewan Ujian Internasional Universitas Cambridge, yang menggunakan ujian serta sertifikasi yang telah diakui secara internasional. Seperti halnya Dyatmika yang menghargai pendidikan, para guru menekankan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari pelatihan sosial dan kepemimpinan kampus. Dengan demikian, Sekolah Dyatmika menawarkan berbagai kegiatan menyenangkan di bidang olahraga, seni, dan banyak lagi.

Bali Island School

Awalnya, sekolah ini bernama Bali International School dan berdiri sejak tahun 1985. Lalu, pada tahun 2014 mengikuti peraturan pemerintah yang harus menghilangkan kata “internasional” pada nama sekolah, membuat sekolah ini berganti nama menjadi Bali Island School. Sekolah ini memiliki tujuan untuk memberikan standar tertinggi dalam pendidikan bagi penduduk setempat. Bali Island School merupakan salah satu dari sekolah internasional di Bali yang memberikan kurikulum IB untuk anak-anak berusia 3 sampai 18 tahun. Sekolah ini sudah diakreditasi oleh The Council of International Schools (CIS) dan Western Association of School and Colleges (WASC). Sekolah ini bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang merangsang kreativitas para siswa untuk belajar dan mengasah keterampilan mereka. Tak mengherankan jika sekolah ini masuk dalam daftar sekolah internasional di Bali yang terbaik.